02 Februari 2015

Tentang Komponen Elektronika

Komponen Elektronika
Adalah sebuah alat berupa benda tunggal yang menjadi bagian pendukung dari suatu rangkaian elektronika yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya.

Pada artikel selanjutnya saya akan coba menjelaskan jenis-jenis komponen elektronika.

Contoh Beberapa Komponen Elektronika                               Sumber: Wikipedia


Rangkaian Elektronika

Adalah satu atau beberapa bagian dari sebuah peralatan elektronik, yang terbuat dari beberapa komponen elektronika dan dirakit membentuk suatu fungsi tertentu. Di dunia elektronika rangkaian elektronika sering juga disebut dengan MODUL , BLOK atau KIT.

Contoh KIT Audio Amplifier                Sumber: AnugrahPariaman


Sebuah Peralatan Elektronik terdiri dari gabungan satu beberapa rangkaian elektonika yang dibuat dalam sebuah bentuk khusus berdasarkan kegunaanya.

Contohnya:
Receiver Radio adalah sebuah peralatan elektronik yang digunakan untuk mendengarkan siaran radio yang disiarkan oleh stasiun radio.
Contoh Radio Receiver FM dan Diagram Bloknya
setiap rangkain elektronika dilambangkan dengan BLOK seperti Audio Amplifier.
sementara komponen elektronika dilambangkan dengan SYMBOL seperti Speaker dan Antena )

Jika dipelajari lebih lanjut sebuah Receiver Radio dirancang menggunakan beberapa rangkaian elektronika dan beberapa komponen elektronika yang masing-masingnya memiliki fungsi berbeda-beda dengan tujuan dapat menghasilkan sebuah peralatan yang dapat menangkap gelombang frekuensi tinggi/radio kemudian diolah menjadi bentuk gelombang frekuensi rendah/audio dan menghasilkan suara yang dapat kita dengarkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar