24 September 2015

Apa Itu Resistor ?

Resistor adalah sebuah komponen elektronika dasar yang berfungsi sebagai sebuah hambatan arus listrik.

"Resistor dapat diibaratkan sebagai sebuah Bendungan di dalam suatu system irigasi  yang berfungsi untuk memperkecil aliran air ke saluran pengairan Sawah , agar air yang mengalir ke sawah sesuai kebutuhannya dan tidak kebanjiran karena kelebihan air."
Ilustrasi Sebuah Resistor

KENAPA DIBUTUHKAN RESISTOR ?

Setiap komponen elektronika memiliki tegangan kerja maksimum (Vmax) dan arus maksimum (Imax) atau Batas Atas Tegangan listrik dan Batas Atas Arus listrik yang sanggup diterimanya.
"Data tentang (Vmax) dan (Imax) dapat di lihat pada Data Sheet Komponen Elektronika tersebut"

Jika sebuah komponen elektronika diberi tegangan kerja yang melebihi tegangan kerja maksimumnya akan memicu aliran arus yang melebihi arus maksimumnya dan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen tersebut.

Nah di sinilah dibutuhkan sebuah resistor untuk menghambat arus listrik agar tidak mengalir melebihi kebutuhan beban.

BAGAIMANA PROSES RESISTOR MENGHAMBAT ARUS LISTRIK ?
Mari kita melihat penggunaan resistor pada rangkaian led berikut :
Misalkan sebuah LED berdasarkan Data Sheetnya memiliki Arus Maksimum IFmax = 15 mA dan Tegangan Kerja Maksimum VFmax = 2,1 V.

Untuk menghidupkan LED , Idealnya LED harus diberikan tegangan kerja sebesar 2,1 V agar arus yang mengalir pada led sebesar 15 mA, Kenyataanya akan sulit mendapatkan sumber arus dengan tegangan sebesar 2,1 V, misalkan kita memilih baterai sebagai sumber arus nya , tidak ada baterai yang memiliki tegangan 2,1 V.

Sebagai gantinya kita ingin menggunakan baterai 9 V sebagai sumber arus. Tetapi jika menghubungkan langsung  baterai 9 V dengan LED akan mengalirkan arus yang melebihi arus maksimum LED dan merusak LED dan terbakar atau putus seketika.


Arus LED jika dihubungkan langsung ke baterai 9 V :
I = V / R
I = V baterai / (VFmax / IFmax)  = 9 / (2,1 / 0,015) = 9 / (140) =  0,064 A
I = 64 mA  ( lebih dari 4x Arus maksimum LED yang hanya 15 mA )

Nah dalam kondisi seperti ini lah dibutuhkan sebuah Resistor untuk membatasi arus yang mengalir pada LED sama dengan 15 mA atau lebih kecil dari 15 mA .  Untuk kebutuhan tersebut kita dapat menggunakan Resistor dengan nilai hambatan 470 Ohm.



Arus LED jika dihubungkan menggunakan resistor 470 Ohm  :
I = V / R
I = (V baterai - VFmax) / R  = (9-2,1) / 470 = (6,9) / 470 =  0,0146 A
I = 14,6 mA  ( lebih kecil dari Arus maksimum LED )

Dengan demikian resistor menahan kemungkinan arus listrik sebesar 64 mA sehingga arus yang mengalir pada LED menjadi  14,6 mA.

Demikianlah penjelasan sederhana menggenai fungsi dasar resistor sebagai hambatan arus listrik semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar